Analisis Regresi Multivariat Pada Karakteristik Kualitas Dalam Diversifikasi Produk Kertas

ANALISIS REGRESI MULTIVARIAT PADA KARAKTERISTIK KUALITAS DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK KERTAS
Penulis : Nurilia Fitri Prabawati, ARIF RAHMAN & Lalu Tri Wijaya Nata Kusuma

Abstrak : Penelitian ini dilakukan di perusahaan industri kertas di Indonesia. Perusahaan melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan kertas budaya dan kertas industri yang terdiri dari Folding Box Board (termasuk produk FSC Mixed), Solid Bleach Board, dan Duplex Board. Tetapi, sejak Mei 2012, target penjualan kertas tidak dapat terealisasi. Berdasarkan data loss market analysis, ketidakberhasilan penjualan disebabkan karena spesifikasi produk yang diproduksi oleh PT.X tidak memenuhi spesifikasi konsumen. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mempercepat pemasaran dengan diversifikasi produk. Diversifikasi produk dilakukan dengan menggunakan dua fungsi regresi multivariat yang mencerminkan dua karakteristik kualitas gramatur (Y1) dan caliper (Y2) sebagai variabel terikatnya. Fungsi regresi tersebut yaitu Y1 = 1200,795 – 0,022 X1 – 436,086 X2t + 0,050 X3 – 0,719 X4 dan Y2 = 1378,440 – 0,034 X1 – 382,343 X2t + 0,050 X3 – 1,121 X4 , di mana variabel bebasnya terdiri dari flow bottom (X1), flow middle transformasi (X2t), flow top (X3), speed (X4).
Kata kunci : kertas, pemasaran, diversifikasi, multivariat, regresi.

MULTIVARIATE REGRESSION ANALYSIS OF THE QUALITY CHARACTERISTICS OF DIVERSIFIED PAPER PRODUCTS

Abstract : This research was conducted at a paper manufacturer in Indonesia. The company produces the cultural paper and the industrial paper, consisting of Folding Box Board (including the FSC Mixed product), Solid Bleach Board and Duplex Board. Since May 2012, paper sales fail to reach the target. Based on market analysis of losses data, the failure of sales due to the differences between producer’s specification the consumer’s specifications. Based on the problems faced by the company, this research aims to accelerate the marketing by diversification of products. It analyzes the diversification of products using two multivariate regression function which reflects two quality characteristics, grammature (Y1) and caliper (Y2), as the dependent variable. The regression function are 1200.795 – 0.022 X1 – 436.086 X2t + 0.050 X3 – 0.719 X4 and Y2 = 1378.440 – 0.034 X1 – 382.343 X2t + 0.050 X3 – 1.121 X4, where the independent variables are bottom flow (X1 ), modified middle flow (X2t), top flow (X3), speed (X4).
Keywords : paper, marketing, diversification, multivariate, regression.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2 No 4 thn 2014, pp 795-808
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.