Integrasi Kansei Engineering Dan Structural Equation Modeling Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Shampo

INTEGRASI KANSEI ENGINEERING DAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK SHAMPO
Penulis : Latifa Dini Archam, Nasir Widha Setyanto & ARIF RAHMAN

Abstrak : Penelitian ini menggali perspektif pelanggan mengenai kualitas satu brand shampo, Lusmas Fresh Milk Shampoo. Shampo dengan berbahan tambahan susu tersebut diproduksi oleh produsen berskala kecil. Penelitian menggunakan metode Kansei Engineering dan Structural Equation Modeling (SEM). Dimulai dengan mengeksplorasi pendapat 30 responden untuk mendapatkan kansei words yang kemudian dikategorikan dalam empat dimensi kualitas yaitu Features, Aesthetics, Perceived Quality dan Modern Information Method. Kansei word tersebut selanjutnya digunakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kualitas melalui kuisioner yang disebarkan terhadap 100 responden. Hasil kuisioner diolah dengan SEM untuk mengidentifikasi variabel yang signifikan terhadap kualitas produk. Variabel yang paling signifikan adalah Features (t-value is 5.69), Aesthetics (t-value is 5.69) dan Modern Information Method (t-value is 2.31) dengan indikator yang meliputi citra produsen, persepsi konsumen terhadap merek “Lusmas” serta ukuran botol yang sesuai untuk dibawa traveling. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas produk shampo adalah desain label botol baru serta variasi ukuran botol shampo, lebih menonjolkan khasiat serta kandungan multinutrisi, mengubah ukuran goody bag, mengoptimalkan penggunaan media internet, meningkatkan intensitas mengikuti event serta mengiklankan produk melalui media massa.
Kata kunci : Kualitas, Kansei Engineering, Kansei Words, Structural Equation Modeling

INTEGRATION OF KANSEI ENGINEERING AND STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) TO IMPROVE PRODUCT QUALITY OF SHAMPOO

Abstract : This study explores the customer’s quality perspective of shampoo, Lusmas Fresh Milk Shampoo. This milk shampoo is produced by small-scale manufacturer. The study applies Kansei Engineering and Structural Equation Modeling (SEM). It starts by exploring the opinion of 30 respondents to get kansei words. Then, it categorizes kansei words into four dimensions of quality, consisting of Features, Aesthetics, Perceived Quality and Modern Information Method. According to Kansei words, it collects customer opinion about the influence on quality through questionnaires of 100 respondents. The questionnaire data are analyzed by SEM to identify the variables that significantly influence product quality. The significant variables are Features (t-test value 5.69), Aesthetics (5.69) and Modern Information Method (2.31). The indicators are the image of manufacturer, brand equity of “Lusmas” and appropriate packaging for traveling. To improve the quality of shampoo products, it recommends to design several packaging and label, to offer spectrum of size, to highlight the efficacy and multinutrisi content, to resize goody bag, to optimize the use of internet media, to increase the intensity of follow events and to advertise products on mass media.
Keywords : Quality, Kansei Engineering, Kansei Words, Structural Equation Modeling

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 1 No 1 thn 2013, pp 85-96
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.