Penentuan Strategi Bersaing Perusahaan Berdasarkan Pengukuran Kinerja Dengan Metode Malcolm Baldrige National Quality Award

PENENTUAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN BERDASARKAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE MALCOLM BALDRIGE NATIONAL QUALITY AWARD
Penulis : Emy Miftahul Jannah, ARIF RAHMAN & Rahmi Yuniarti

Abstrak : Upaya peningkatan kinerja di industri rokok menghadapi permasalahan perencanaan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi dan permintaan pasar. Perusahaan memerlukan alat ukur untuk mengevaluasi kinerja perusahaan agar dapat menentukan strategi yang sesuai. Penelitian ini melakukan pengukuran kinerja perusahaan secara menyeluruh berdasarkan kriteria metode MBNQA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang dicapai perusahaan pada skor 552,39 dengan prosentase pencapaian sebesar 55%. Interpretasi hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa perusahaan ini berada pada klasifikasi good performance. Hasil pengukuran selanjutnya dipetakan menggunakan analisa SWOT untuk membangkitkan strategi bersaing. Strategi utama yang direkomendasikan adalah melakukan inovasi produk, kemasan, dan mesin-mesin industri serta mengembangkan manajemen mutu pelayanan.
Kata kunci : Strategi Bersaing, Pengukuran Kinerja, Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA), Analisa SWOT.

COMPANY COMPETITIVE STRATEGY FORMULATION BASED ON PERFORMANCE MEASUREMENT WITH MALCOLM BALDRIGE NATIONAL QUALITY AWARD

Abstract : To improve its performance, a cigarette industry faces problem to formulate competitive strategies that match to its business situation and market demand. The company requires a proper tool to measure its performance in order to determine the appropriate strategies. This study measures overall performance criteria using MBNQA method. The results shows that the company achieved the performance at score of 552.39, with coverage of 55% achievement. It represents that the company is in good classification performance. The it analyzes performance result using SWOT analysis to formulate competitive strategies. The proposed strategies are to innovate products, packaging, and industrial machinery; and also to provide service quality management.
Keywords : competitive strategy, performance measurement, Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA), SWOT Analysis.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 1 No 1 thn 2013, pp 11-21
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , . Bookmark the permalink.