Pemetaan Perkembangan Pemasaran Produk UMKM Di Malang Raya

PEMETAAN PERKEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI MALANG RAYA
Penulis : Mas Elang Masna, ARIF RAHMAN & Ceria Farela Mada Tantrika

Abstrak : Wilayah Malang Raya memiliki banyak unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kegiatan pemasaran produknya kurang terakomodir dengan baik. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah pasang surutnya keberlangsungan unit UMKM di Malang Raya. Pada penelitian ini dilakukan pemetaan unit UMKM di Malang Raya dengan menggunakan salah satu Clustering Non-Hierarki yaitu K-means Cluster. Analisa tersebut digunakan untuk mengetahui jarak dan kedekatan unit UMKM di Malang Raya, dengan pusat cluster menggunakan variabel jenis produk dan lokasi kecamatan dari unit UMKM tersebut. Penelitian ini menunjukkan dari empat jenis produk UMKM dan 41 kecamatan di Malang Raya membentuk empat cluster yang tiap cluster-nya memiliki dua jenis produk UMKM dan terbagi di wilayah utara dan selatan Malang Raya. Rekomendasi perbaikan yang diberikan adalah pendataan unit UMKM secara berkala, ekspansi produk UMKM dari suatu kecamatan ke pusat cluster atau ke kecamatan yang berdekatan dan pengajuan pendirian sentra UMKM bagi kecamatan yang tidak terjangkau dari pusat cluster.
Kata kunci : Analisa Cluster, Cluster Non-Hierarki, K-means Cluster, Pemasaran Produk, Pemetaan, UMKM.

MAPPING OF PRODUCT MARKETING DEVELOPMENT OF MICRO, SMALL, MEDIUM ENTERPRISES IN MALANG RAYA

Abstract : In Malang Raya there are many Micro Small Medium Enterprises (MSMEs) that the government should support their marketing activities. The preliminary investigation of MSMEs in Malang Raya indicates high industry turnover (business entry and exit rates) problem and weak sustainability problem. This study conducts mapping of MSMEs in Malang Raya using K-Means non-hierarchical cluster analysis. It analyzes the distance and proximity of MSMEs in Malang Raya relative to cluster center based on product type variable and sub-district location variable. The result shows that from four product types and 41 sub-districts, it classifies four clusters which each cluster has two product types and spreads in the north and south of Malang Raya. It recommends to periodically collect MSMEs data, to builds trade centers of MSMEs products at cluster center to connect MSMEs of the related cluster.
Keywords : Cluster analysis, K-Means non-hierarchical cluster analysis, product marketing, mapping, MSMEs

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 5 No 1 thn 2017, pp 193-202
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , . Bookmark the permalink.