Pemetaan Research Group Berfokus Cabang Keilmuan Teknik Industri Menggunakan Analisa Cluster Dan Tabulasi Silang

PEMETAAN RESEARCH GROUP BERFOKUS CABANG KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI MENGGUNAKAN ANALISA CLUSTER DAN TABULASI SILANG
Penulis : Dony Gunawan, ARIF RAHMAN & Rahmi Yuniarti

Abstrak : Jurusan Teknik Industri satu perguruan tinggi memiliki 37 dosen dengan latar belakang keilmuan dan keminatan dalam penelitian yang tidak seragam. Belum terpetakannya minat penelitian dosen-dosen meyebabkan kurangnya kerjasama dalam bidang penelitian yang berfokus pada cabang keilmuan Teknik Industri. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan research group sesuai minat penelitian dosen yang berfokus cabang keilmuan Teknik Industri. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan analisa cluster dan tabulasi silang. Hasil dari penelitian ini adalah terbaginya lima cluster sesuai dengan minat penelitian masing-masing dosen-dosen Teknik Industri.
Kata kunci : Research Group, Cabang Keilmuan Teknik Industri, Analisa Cluster, Tabulasi Silang.

RESEARCH GROUP MAPPING FOCUSED SCIENTIFIC BRANCHES OF INDUSTRIAL ENGINEERING USING CLUSTER ANALYSIS AND CROSS TABULATION

Abstract : Industrial Engineering Department of a university has 37 lecturers with different scientific background and research interest. The lecturer research interest diversity led to a lack of cooperative research that focuses on the branch of Industrial Engineering science. This study aims to map the research group according to the lecturer research interest focusing on the branch of Industrial Engineering science. Mapping is done by using cluster analysis and cross tabulation. The result shows that there are five clusters or research groups according to the lecturer research interest similarity.
Keywords : Research Group, Branch of Industrial Engineering Science, Cluster Analysis, Cross Tabulation.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 4 No 8 thn 2016, pp
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , . Bookmark the permalink.