Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian LCGC Dengan Karakteristik Konsumen Sebagai Variabel Intervening

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LCGC DENGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Penulis : Deassy Rizky Syahputri, ARIF RAHMAN & Dewi Hardiningtyas

Abstrak : Low Cost Green Car (LCGC) merupakan mobil murah ramah lingkungan yang dibuat dengan target pasar pengguna mobil pertama untuk menekan penggunaan bahan bakar. Namun fakta di pasar berbanding terbalik dengan sasaran awal tersebut, bahkan persaingan dalam pasar mobil LCGC terus meningkat. Diperlukan strategi pemasaran khusus untuk pemasaran mobil LCGC salah satu perusahaan otomotif dengan melakukan penelitian pada pasar mobil LCGC secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM). Data yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 104 responden konsumen mobil LCGC secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran berpengaruh langsung terhadap variabel Karakteristik Konsumen, tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap variabel Keputusan Pembelian maupun dengan variabel Karakteristik Konsumen sebagai variabel intervening. Indikator-indikator yang memiliki pengaruh signifikan antara lain produk dan harga pada variabel Bauran Pemasaran, indikator Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis pada variabel Karakteristik Konsumen, serta indikator Pemilihan Merek, Pemilihan Produk dan Metode Pembayaran pada variabel Keputusan Pembelian.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Karakteristik Konsumen, Keputusan Pembelian, Structural Equation Modeling.

THE IMPACT OF MARKETING MIX ON LCGC BUYING DECISION WITH CONSUMER CHARACTERISTICS AS INTERVENING VARIABLE

Abstract : Low Cost Green Car (LCGC) is an environmentally friendly low-cost car made with a target market of first car users to suppress fuel usage. But in the market the fact is inversely proportional to the initial target, even the LCGC competition increases continually. It requires a special marketing strategy for LCGC marketing by doing research on the LCGC market. This study uses Structural Equation Modeling (SEM). It collects data from 104 respondents of LCGC consumers of several brands. The results shows that Marketing Mix variable has significantly direct impact to the Consumer Characteristics variable, but has no direct impact to Purchase Decision variable, as well as with Consumer Characteristics variable as intervening variable. The significant indicators of Marketing Mix variable are product and price. The significant indicators of Consumer Characteristic variable are Culture, Social, Personal and Psychological. The significant indicators of Purchase Decision variable are Brand Selection, Product Selection and Payment Methods.
Keywords : Marketing Mix, Consumer Characteristics, Purchasing Decision, Structural Equation Modeling.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 4 No 5 thn 2016, pp
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.