Penentuan Rute Truk Tangki Penyiraman Taman Dengan Konsep Vehicle Routing Problem Dan Rural Postman Problem

PENENTUAN RUTE TRUK TANGKI PENYIRAMAN TAMAN DENGAN KONSEP VEHICLE ROUTING PROBLEM DAN RURAL POSTMAN PROBLEM
Penulis : Maya Rahmawati, ARIF RAHMAN & Agustina Eunike

Abstrak : Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota adalah dinas yang bertanggungjawab melakukan penyiraman taman. Penyiraman dilakukan untuk 36 taman dengan enam buah truk tangki dimulai pada siang hari dengan tambahan waktu lembur. Taman yang disiram memiliki bentuk berbeda yaitu node yang berada pada satu titik lokasi dan path yang berada pada sepanjang jalan. Penelitian ini mengombinasikan konsep Vehicle Routing Problem dan Rural Postman Problem. Pengembangan algoritma dilakukan berdasarkan lima kerangka pikir, kemudian dikembangkan menjadi 21 langkah penentuan rute. Penentuan rute akan didasarkan pada nilai saving dengan penentuan exit point dan entry point taman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan algoritma penentuan rute, waktu total kerja akan berkurang sebesar 38,82 menit dari 2.655,206 menit menjadi 2.616,386 menit. Waktu lembur berkurang 129,8 menit dari 590,006 menit menjadi 460,206 menit. Jumlah air yang diambil berkurang sebesar 1.000 liter dari 271.000 liter menjadi 270.000 liter. Sisa air yang ada pada akhir penyiraman berkurang sebesar 121,3 liter dari 14.120,005 liter menjadi 13.998,7 liter.
Kata kunci : Penyiraman taman, Vehicle Routing Problem, Rural Postman Problem, Algoritma, Saving Matrix.

DETERMINING WATERING TRUCK ROUTING FOR GREEN OPEN SPACE WITH VEHICLE ROUTING PROBLEM AND RURAL POSTMAN PROBLEM PRINCIPLES

Abstract : City Sanitation and Gardening Agency has responsibility of watering for green open spaces. Six tank trucks conduct watering for 36 parks with starting at noon with additional overtime. The parks have different shapes. There are some nodes located at one point location and some paths located along the way. This study combines the principles of Vehicle Routing Problem and Rural Postman Problem. It develop an algorithm is based on five conceptual reasoning, then developed into 21 routing steps. Routing determination will be based on the saving value by determining the exit points and the entry point of parks. The result shows that the routing algorithm, the total work time will be reduced by 38.82 minutes from 2655.206 minutes to 2616.386 minutes. Overtime was reduced by 129.8 minutes from 590.006 minutes to 460.206 minutes. The amount of water taken is reduced by 1,000 liters from 271,000 liters to 270,000 liters. The residual water at the end of the watering is reduced by 121.3 liters from 14,120,005 liters to 13,998.7 liters.
Keywords : Penyiraman taman, Vehicle Routing Problem, Rural Postman Problem, Algoritma, Saving Matrix.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 4 No 6 thn 2016, pp
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.