Perumusan Strategi Pemasaran Kripik Singkong Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan Struktur Pasar

PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN KRIPIK SINGKONG DENGAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN STRUKTUR PASAR
Penulis : Yulita Trirenjani Poerwaningrum, ARIF RAHMAN & Rahmi Yuniarti

Abstrak : Produsen kripik singkong di Kabupaten Lumajang mendistribusikan produknya ke dalam maupun luar Kabupaten Lumajang dengan rata-rata produksi 3500kg/bulan. Untuk mempertahankan posisi produknya di pasaran diperlukan strategi yang unggul. Perumusan strategi menggunaka bauran pemasaran untuk menganalisa faktor internal. Dan untuk faktor eksternal diidentifikasi melalui wawancara menggunakan komponen lingkungan mikro pemasaran dan struktur pasar. Dari faktor internal dan eksternal akan dibobotkan menggunakan metode AHP. Kemudian strategi pemasaran dibangkitkan menggunakan analisis Strength-Weakness-Opportunity-Treath (SWOT). Selanjutnya strategi diranking secara prioritas dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Strategi prioritas utama yaitu mengemas produk dengan menggunakan kemasan yang lebih berkualitas dan lebih menarik. Selanjutnya ditunjang dengan pemasaran dengan iklan-iklan dan promosi yang menarik.
Kata kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Bauran Pemasaran, Struktur Pasar, Analisis SWOT, QSPM.

MARKETING STRATEGIES FORMULATION ON CASSAVA CHIP INDUSTRY BASED ON MARKETING MIX AND MARKET STRUCTURE

Abstract : A producer of cassava chips in Lumajang distributes its products in average of 3500kg / month. To preserve the market competitive position, it has to formulate a superior strategy. The study formulates of strategies using marketing mix to evaluate internal factors and market structure to evaluate. It is weighting internal and external factors using AHP method. It generates several marketing strategies using Strength-Weakness-Opportunity-Treath (SWOT) analysis. It prioritizes the strategies using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The priority strategies are to package the product using better quality and more attractive packaging and to conducts marketing promotions with advertising and other medias.
Keywords : Internal Factor, External Factor, Marketing Mix, Market Structure, SWOT Analysis, QSPM.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 3 No 8 thn 2015, pp 1750-1759
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , . Bookmark the permalink.