Strategi Pemasaran Pada UKM Keripik Tempe Sanan

STRATEGI PEMASARAN PADA UKM KERIPIK TEMPE SANAN
Pemakalah : Rahmi Yuniarti, ARIF RAHMAN, Mochamad Choiri

Abstrak : Dalam usaha mengembangkan bisnisnya, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) keripik tempe Sanan harus melakukan inovasi dan perbaikan untuk dapat bersaing kompetitornya dan substitusinya. Dalam mengembangkan strategi pemasaran, perlu menganalisa elemen bauran pemasaran. Penelitian ini mempelajari elemen bauran pemasaran yang menjadi faktor dalam strategi pemasaran yang ada. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT dan QSPM untuk menentukan strategi utama pemasaran. Dari hasil penelitian, strategi pemasaran yang harus dilakukan UKM keripik tempe Sanan Malang adalah melakukan diversified product dengan memproduksi berbagai jenis keripik, meluncurkan Brand variants sehingga konsumen memiliki banyak pilihan serta memproduksinya dalam komposisi berat keripik serta kemasan yang bervariasi, melakukan pengembangan jaringan agen penjualan untuk memperluas daerah penjualan, melakukan promosi melalui berbagai pameran dan acara-acara besar di propinsi Jawa Timur, menggencarkan promosi produk melalui iklan gratis dan media sosial yang tersedia.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisa SWOT

MARKETING STRATEGIES OF SME TEMPEH CHIPS IN SANAN

Abstract : In order to enhance its business, Small and Medium Enterprises (SMEs)tempeh chips in Sanan has to make innovation and conduct improvement in order to be able to compete with competitors and substitutes. Developing marketing strategies, they have to analyze overall elements of marketing mix. This research observes elements of marketing mix that become factors of marketing strategy. Then it analyze them using SWOT and QSMP to determine the principal marketing strategies. According to the result, SME tempeh chips in Sanan should conduct several marketing strategies, such as: to produce diversified product of various chips, to launch brand variants for alternative choices made by consumers in the marketplace, to expand marketing networks, to augment promotion through exhibitions and other marketing events in the Province of East Java, and to promote the product intensively through a free advertisement and social media.
Keywords : Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT Analysis

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Industri Vol 14 No 2, 2013, 173-183, Malang
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Researches and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.