Penerapan Metode Delphi dan Servqual Untuk Perbaikan Mutu Pelayanan

PENERAPAN METODE DELPHI DAN SERVQUAL UNTUK PERBAIKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN
Pemakalah : Nasir Widha Setyanto, ARIF RAHMAN & Addelina Trisagita

Abstrak : Institusi pendidikan perlu untuk mengenali kebutuhan konsumen dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikannya. Perbaikan mutu berkelanjutan dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu layanan pendidikan dapat dilakukan dengan melaksanakan pengukuran kepuasan mahasiswa berdasarkan dimensi servqual dan komponen Borang Akreditasi. Penelitian ini menggunakan Metode Delphi untuk mengidentifikasi aspek kebutuhan layanan pendidikan, metode Servqual untuk mengukur kepuasan konsumen, dan komponen borang akreditasi sebagai respon teknisnya yang dideskripsikan relasinya dalam House of Quality dari Quality Function Deployment.
Kata Kunci : layanan pendidikan, institusi pendidikan, servqual, metode Delphi, house of quality, quality function deployment

IMPLEMENTATION OF DELPHI METHOD AND SERVQUAL TO IMPROVE EDUCATION SERVICE QUALITY

Abstract : Educational institution has to recognize the needs of customers to improve the education service quality. To improve and ensure the education service quality, it implements continuous improvement of service quality starting to measure student satisfaction based on the servqual dimensions and National Accreditation components. This study applies Delphi method to identify education service requirements as voice of customer, applies servqual method to measure customer satisfaction, and applies National Accreditation components to determine the technical responses that whole relationships are described in the House of Quality, a tool of Quality Function Deployment.
Keywords : education service, educational institution, servqual, Delphi method, house of quality, quality function deployment

Artikel dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri, 2013, pp.SMG4.1-SMG4.6, Malang
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Researches and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.