Penerapan Balanced Scorecard Pada Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan

PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN
Pemakalah : Nasir Widha Setyanto, ARIF RAHMAN & Erdy Purnama Saputra

Abstrak : Pengukuran kinerja menjadi alat penting untuk membuat dan mengevaluasi perencanaan organisasi dalam upaya mencapai tujuan. Di lembaga pendidikan, pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai kemajuan pencapaian untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan, lembaga pendidikan dituntut untuk mendapatkan akreditasi yang baik, memenangkan persaingan mendapatkan pelanggan, dan memenuhi tuntutan dari pimpinan tertinggi lembaga tersebut. Penelitian ini melakukan pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard (BSC) yang bersifat komprehensif, koheren, seimbang, dan terukur. Dimulai dengan menentukan strategy objective pada empat perspektif : financial, customer, internal business process, dan learning and growth. Selanjutnya menentukan Key Performance Indicator (KPI) dari masing-masing strategy objective. Menentukan nilai target dan realisasi dari masing-masing KPI tersebut. Dengan menggunakan Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System (TLS), menghitung nilai indeks total kinerja di masing-masing KPI.
Kata Kunci : layanan pendidikan, pengukuran kinerja, lembaga pendidikan, balanced scorecard, key performance indicator, objective matrix, traffic light system

IMPLEMENTATION OF BALANCED SCORECARD TO APPRAISE THE PERFORMANCE OF EDUCATIONAL INSTITUTION

Abstract : Performance appraisal becomes an important tool to formulate and evaluate organization’s strategic planning. Educational institution applies performance appraisal to assess achievement progress in order to improve the education service quality sustainably. Improving the education service quality, the educational institution should achieve a good accreditation, compete to get students, and satisfy top management of the institution. This study measures performance using the Balanced Scorecard (BSC) which is comprehensive, coherent, balanced, and scalable. It Identifies the strategic objectives on four perspectives : financial, customer, internal business process, and learning & growth. It defines the Key Performance Indicator (KPI) of each strategic objectives. It determines the target and the achievement of each KPI. Using the Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System (TLS), it calculates the total performance index of each KPI.
Keywords : education service, performance appraisal, educational institution, balanced scorecard, key performance indicator, objective matrix, traffic light system

Artikel dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri, 2013, pp.SMG3.1-SMG3.6, Malang
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Researches and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.