Pengukuran dengan Kuesioner

Kuesioner atau Angket adalah suatu teknik pengumpulan data dari obyek observasi yang tersusun dalam daftar pertanyaan yang perlu dijawab responden berdasarkan hasil pengukuran obyektif yang telah (pernah) dilakukan subyek observasi dan/atau berdasarkan penilaian subyektif dari responden sendiri.

Beberapa elemen dalam pengumpulan data mempergunakan kuesioner yaitu :
a. Pengukuran adalah kegiatan yang dilakukan oleh subyek observasi untuk memeriksa dan menakar besaran dari obyek observasi secara teliti mengikuti metode yang sistematis dengan mempergunakan alat ukur yang mempunyai skala dan satuan.
b. Penilaian adalah kegiatan yang dilakukan oleh subyek observasi untuk menduga dan mengestimasi besaran dari obyek observasi dengan didukung fakta dan informasi yang dianalisis melalui pemikiran relatif yang dipengaruhi logika, persepsi, pendapat, perkiraan, perasaan, keyakinan, asumsi dan selera pribadi.
c. Subyek observasi adalah pihak-pihak yang melakukan pengukuran, penghitungan atau penilaian.
d. Obyek observasi adalah elemen sistem yang akan diobservasi.
e. Responden adalah pihak-pihak yang diminta menjawab pertanyaan dalam kuesioner karena mengenal dan berkepentingan dengan obyek observasi.
f. Pertanyaan adalah besaran (dimensi atau atribut) obyek observasi yang ditanyakan pada responden untuk dijawab.

Terkadang responden juga berperan sebagai subyek observasi. Ada kalanya responden juga menjadi obyek observasi. Seringkali logika, persepsi, pendapat, perkiraan, perasaan, keyakinan, asumsi dan selera pribadi responden menjadi alat ukur.

This entry was posted in Opinions and tagged . Bookmark the permalink.