Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Tingkat Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri

PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS TINGKAT FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH MANDIRI
Penulis : Inan Luqyana, ARIF RAHMAN & Remba Yanuar Efranto

Abstrak : Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan usahanya mematuhi prinsip syariah dalam memberikan jasa layanan di lalu lintas perputaran keuangan. Setiap tahunnya pertumbuhan bank syariah menunjukkan kecenderungan yang positif, namun porsi pasar perbankan syariah dalam industri perbankan nasional belum mencapai target. Diperlukan perumusan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan analisis tingkat faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih bank syariah. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah adalah service quality, word of mouth communication, knowledge, agama, promosi, dan lokasi. Faktor-faktor tersebut akan diuji dengan menggunakan uji friedman untuk mengetahui apakah dari keenam faktor tersebut memiliki pengaruh berbeda terhadap nasabah. Selanjutnya merumuskan strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Kata kunci : Bank Syariah, Strategi Pemasaran, Uji Friedman, SWOT, QSPM.

FORMULATION OF MARKETING STRATEGY BASED ON FACTOR LEVEL ANALYSIS WHICH INFLUENCED CUSTOMERS TO CHOOSE BANK SYARIAH MANDIRI

Abstract : Sharia bank is a financial institution that conducts its business activities consistently with the sharia principles for providing services supporting velocity of money. There is a positive trend at sharia banks growth every year, but the market share of sharia banks in the national banking industry has not reached the target. The study formulates effective marketing strategies based on factor level analysis which influenced customers to choose sharia bank. The factors are service quality, word of mouth communication, knowledge, religion, promotion, and location. These factors will be tested by using friedman test to determine whether of the six factors have different effect on the customer. It generates some marketing strategies using SWOT analysis (Strength-Weakness-Opportunity-Threat) and evaluates them using QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Keywords : Sharia Bank, Marketing Strategies, Friedman Test, SWOT, QSPM.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 4 No 1 thn 2016, pp
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.