Analisis SWOT Berbasis Lima Elemen Sun Tzu Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Rokok

ANALISIS SWOT BERBASIS LIMA ELEMEN SUN TZU DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ROKOK
Penulis : Satria Danu Rachmat Yuswara, ARIF RAHMAN & Dewi Hardiningtyas

Abstrak : Persaingan dalam industri rokok semakin meningkat, mulai dari perusahaan besar hingga usaha kecil menengah. Setiap perusahaan dituntut untuk mampu merencanakan strategi pemasarannya yang efektif agar perusahaan tetap mampu bertahan memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT, Seni Perang Sun Tzu, dan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (QSPM). Berdasarkan hasil analisis SWOT, posisi persaingan perusahaan berada pada kuadran III dimana strategi yang disarankan adalah strategi turn around. Selanjutnya adalah pemilihan strategi dari 36 Sun Tzu’s Stratagems berdasarkan posisi lima elemen yang dimiliki perusahaan. Strategi yang terpilih adalah Besiege Wei to Rescue Zhao, Take the Opportunity to Pilfer a Goat, dan Chain Stratagem. Pada QSPM, strategi chain stratagems terpilih sebagai strategi yang paling diprioritaskan karena strategi tersebut paling berpengaruh terhadap faktor eksternal dan internal perusahaan.
Kata kunci : Analisis SWOT, Seni Perang Sun Tzu, QSPM.

SWOT ANALYSIS BASED ON FIVE SUN TZU’s KEY ELEMENTS TO FORMULATE MARKETING STRATEGIES OF CIGARETTE

Abstract : Competitive rivalry in cigarette industry is getting more crowded, there are several large companies and many small and medium enterprises. Every company has to plan effective marketing strategies in order to sustain to market its products. This study aims to formulate effective marketing strategies using SWOT analysis, Sun Tzu’s Art of War, and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Based on SWOT analysis, the result shows that the competitive position is in quadrant III, so the best strategy is turn-around strategy. Using analysis of its five key elements, it formulates several strategies based on 36 Sun Tzu’s Stratagems. The recommended strategies are Besiege Wei to Rescue Zhao, Take the Opportunity to Pilfer a Goat, and Chain Stratagem. By QSPM, it prioritizes chain stratagem because it has most influences on external and internal factors.
Keywords : SWOT analysis, Sun Tzu’s Art of War, QSPM.

Artikel dipublikasikan dalam Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 3 No 10 thn 2015, pp
Artikel dapat diperiksa di situs jrmsi
Artikel dapat didownload pdf

This entry was posted in My Students and tagged , , , , . Bookmark the permalink.