Pengukuran, Validitas dan Reliabilitas

Pengukuran (measurement) adalah kegiatan memeriksa dan menakar besaran dari spesimen secara teliti mengikuti metode yang sistematis dengan mempergunakan alat ukur yang mempunyai skala dan satuan.

Aktivitas pengukuran terkadang dibedakan menjadi :
a. Penghitungan atau pencacahan (counting). Kegiatan menghitung banyaknya entitas.
b. Pengukuran (measuring). Kegiatan mengukur langsung atribut dari entitas mempergunakan alat ukur standar atau yang disepakati.
c. Penilaian (assessment, appraisal, valuing, scoring). kegiatan menaksir nilai berdasarkan pengamatan empiris pada satu atau beberapa kriteria/atribut tertentu yang dimiliki entitas dengan komparasi absolut (terhadap acuan standar) atau komparasi relatif (antar entitas).
d. Evaluasi (evaluation). kegiatan mengevaluasi tingkatan atribut dari entitas (biasanya merupakan spesifikasi, kapabilitas atau kapasitas) melalui pemeriksaan dan pengujian.

Dalam pengukuran terdapat beberapa elemen yaitu :
a. Pengukur atau pihak yang melakukan pengukuran.
b. Yang diukur, besaran dari spesimen atau entitas yang diukur
c. Alat ukur (termasuk skala dan satuannya), alat atau instrumen yang dipergunakan untuk pengukuran
d. Cara mengukur, metode yang merinci teknik dan prosedur pengukuran

Proses pengukuran diharapkan dapat mengukur atau memberikan hasil pengukuran sesuai nilai yang sebenarnya dengan akurat (tidak menyimpang) dan konsisten (tidak berubah-ubah). Hasil dari proses pengukuran dapat diterima apabila keempat elemen utama pengukuran (pengukur, yang diukur, alat ukur, dan cara mengukur) diyakini bersinergi simultan tanpa terjadi kekeliruan. Kegagalan proses pengukuran dapat disebabkan oleh kekeliruan dari salah satu dari keempat elemen tersebut dan/atau oleh keteledoran dalam proses pengukuran itu sendiri.

Pengukuran yang akurat atau tidak menyimpang dengan nilai sebenarnya berhubungan dengan validitas. Hasil pengukuran dapat dinyatakan valid atau sahih.

Pengukuran yang konsisten atau tidak berubah-ubah sesuai nilai sebenarnya berhubungan dengan reliabilitas. Proses pengukuran dapat dinyatakan reliabel atau andal

This entry was posted in Opinions and tagged . Bookmark the permalink.