Ergonomi dan Human Factor Engineering

Ergonomi (ergonomy) atau ergonomika (ergonomics) tersusun dari dua kata latin, yaitu ergon dan nomos. “Ergon” (ἔργον) yang berarti kerja atau usaha manusia. “Nomos” (νόμος) yang berarti ilmu, hukum, aturan, kaidah, atau prinsip. Secara harfiah, “Ergonomi” berarti ilmu yang mempelajari tentang kerja atau usaha manusia. Ergonomi terkadang disebut juga dengan human factor engineering, human centered design atau occupational engineering.

Ergonomi adalah disiplin ilmu yang mempelajari pemahaman interaksi manusia dengan elemen-elemen sistem lainnya, serta mengimplementasikan teori, prinsip, data dan metode untuk merancang guna mengoptimalkan kemaslahatan manusia dan performansi sistem secara keseluruhan.
ErgonomicsErgonomy
Tujuan pembelajaran ergonomi adalah Untuk menganalisa, merancang dan mengimplementasikan sistem yang lebih manusiawi (system humanization), dengan memperhatikan ukuran tubuh, kemampuan, kapabilitas dan batasan (dimension, ability, capability & limitation) serta kebutuhan dan keinginan (need & wish) dari manusia yang berinteraksi dengan lingkungan kerjanya (work environment) baik fisik maupun sosial.

This entry was posted in Opinions and tagged . Bookmark the permalink.